Jelang siang, rupiah melemah 0,32% ke level Rp 14.297 per dolar AS di pasar spot


ILUSTRASI. Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Kamis (2/4/2020). ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso, Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Rupiah masih melemah jelang siang hari ini. Melansir Bloomberg pada Kamis (4/3) pukul 11.32 WIB, rupiah berada di level Rp 14.297 per dolar AS.

Artinya rupiah sudah melemah 0,32% dari penutupan pada hari kemarin di level Rp 14.245 per dolar AS.

Rupiah hari ini memang dibayang-bayangi potensi pelemahan. Head of Economics Research Pefindo Fikri C. Permana mengatakan, walau berpotensi lanjutkan penguatan, namun sejumlah sentimen eksternal bisa menyeret rupiah. 

Baca Juga: Cek kurs dollar rupiah di Bank Mandiri hari ini, Rabu 4 Maret 2021

“Namun, saya kira masih ada risiko seperti peringatan perbankan China akan adanya risiko bubble di pasar luar China, khususnya di sektor housing. Jadi, saya kira ini akan menjadi risiko global,” jelas dia. 

Di sisi lain, kenaikan kasus Covid-19 dalam minggu terakhir juga cukup mengkhawatirkan sehingga akan mendorong ketakutan global. Karenanya, sentimen tersebut akan memberikan tekanan pada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Padahal sentimen domestik masih positif dan mampu menopang rupiah. Salah satunya kinerja pasar saham yang menguat dan menunjukkan minat asing masuk pasar keuangan Indonesia. “Namun, di sisi lain, ada ekspektasi kenaikan risiko yang terlihat dari yield SUN tenor 10 tahun yang meningkat,” lanjutnya.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *