Planet Properindo (PLAN) berharap insentif untuk sektor perhotelan kembali diberikan


ILUSTRASI. Vue Palace Hotel di Bandung, Jawa Barat, yang dimiliki PT Planet Properindo Jaya Tbk (PLAN).

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Emiten perhotelan, PT Planet Properindo Jaya Tbk (PLAN) berharap pemerintah jadi merealisasikan rencana pemberian kembali insentif di sektor hotel, restoran, dan kafe (horeka) di tengah masa pandemi Covid-19.

Direktur Utama PLAN Antonyo Hartono Tanujaya mengatakan, pihaknya sangat berharap program insentif dari pemerintah dapat segera diwujudkan kepada semua hotel yang terdampak pandemi Covid-19. Ini mengingat keberadaan insentif sangat membantu keberlangsungan finansial sekaligus menutupi kekurangan biaya operasional seperti gaji karyawan, pembayaran penyuplai, perpajakan, dan sebagainya.

“Adanya program insentif ini bisa menunjang keberlangsungan operasional hotel selama masa pandemi,” ujar dia, kemarin (3/3).

Baca Juga: Bisnisnya Tertekan, Hotel Terbebani Beban Utang

Dia pun menilai bahwa semua pelaku industri perhotelan jelas membutuhkan insentif dari pemerintah di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19. Insentif tersebut dapat berupa penangguhan pembayaran listrik hingga pajak dan BPJS karyawan. “Beban hotel yang paling besar itu di biaya listrik, gaji karyawan, pajak, dan BPJS,” imbuhnya.

Pihak PLAN sendiri sejauh ini masih bisa mempertahankan tingkat okupansi hotelnya rata-rata di level 50%–60%. Antonyo menyebut, ada banyak faktor yang membuat okupansi hotel PLAN yang beroperasi di Bandung, Jawa Barat, sulit mengalami kenaikan. Salah satunya lantaran aturan-aturan di daerah tersebut yang membatasi tingkat okupansi hotel tidak boleh melebihi 50%.

Manajemen PLAN lantas masih menunggu realisasi program vaksinasi untuk pelaku pariwisata di Indonesia. “Kami yakin ini merupakan pertanda baik untuk sektor pariwisata, khususnay di kota Bandung,” tandas dia.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *