Cara Menjaga Bayi Kucing yang Baru Lahir

Cara Menjaga Bayi Kucing yang Baru Lahir

 

Kesehatan Hewan-  Merawat serta menjaga kesehatan hewan adalah bukan perkara mudah bagi semua orang, dimana menjaga kestabilan kondisi hewan ini sangat sulit dan harus dilakukan secara perhatian. Apalagi jika hewan yang kita jaga ini masih berumur muda atau balita yang harus memiliki perawatan khusus dari pemiliknya.

Seperti halnya dalam menjaga bayi kucing yang baru lahir. Merawat anak kucing yang baru lahir ini merupakan bukan hal yang mudah. Perawatan yang dilakukan tentunya harus setiap waktu demi menjaga kesehatannya. Seperti halnya merawat istri yang baru lahiran.

Jika bayi kucing ini masih diperhatikan penuh oleh induknya, maka tugas Anda tidak terlalu berat. Tapi, apabila induk dari bayi kucing tersebut tidak memberikan perhatian sama sekali maka akan membuat Anda semakin kesusahan untuk benar-benar merawat anak kucing yang baru lahir itu.

Jadi, jika induknya masih ada, Anda hanya perlu memberikan makanan dan minuman khusus untuk induknya agar nutrisi yang diserap anaknya ketika menyusu tercukupi. Selain itu, Anda bisa memberikan vitamin kepada induknya agar terlihat tetap sehat dan segar ketika selesai melahirkan.

Cukup sulit bagi Anda yang memiliki kucing yang sudah lahiran dan meninggalkan banyak Anak. Sehingga membuat Anda benar-benar kerja keras untuk menyelamatkan hidup anak-anak kucing itu. Lalu, bagaimana cara merawat bayi kucing yang baru lahiran?

Berikut adalah beberapa tips/arahan merawat kucing balita yang baru lahir untuk Anda yang merasa bingung.

  1. Mempertimbangkan situasinya

 

Mempertimbangkan situasi ini berarti Anda harus mengenal apakah bayi kucing yang baru lahir ini ditinggalkan oleh induknya atau tidak. Jika induknya meninggalkan anak-anaknya, maka Anda harus bersegera memberikan tempat khusus dan memberinya perawatan setiap harinya.

 

  1. Memberi makanan kepada induknya jika induknya masih ada

 

Sangat beruntung bagi Anda jika induk dari anak-anak kucing yang Anda miliki masih ada dan mau perhatian kepada anak-anaknya. Sehingga Anda cukup hanya memberikan makanan dan minuman serta vitamin untuk menjaga kesehatan induknya. Karena nanti induknya akan terus menyusui anak-anaknya.

  1. Berilah makanan untuk anak kucing secara mandiri jika ditinggalkan induknya

 

Hal ini akan menjadi pekerjaan khusus bagi Anda untuk merawat anak-anak kucing agar tetap hidup dan tumbuh berkembang secara sehat. Jadi, nantinya Anda akan melakukan perawatan mandiri tanpa harus menunggu induknya, seperti halnya:

  • Menyuapi makanan halus untuk anaknya
  • Memberikan minuman berupa susu sehat melalui suntikan atau dot khusus bayi kucing
  • Mengusapi area kencing dan BAB pada anakan kucing agar tetap bersih

 

  1. Menyediakan tempat dengan suhu relatif hangat

 

Seperti halnya oven untuk bayi manusia yang baru lahir. Anakan kucing juga relatif membutuhkan kenyamanan untuk beristirahat. Dimana tempat ini biasanya menjadi penghangat bagi tubuhnya. Sehingga sangat dianjurkan bagi Anda untuk menyiapkan tempat yang hangat dan bersih untuk anakan kucing tersebut.

Jadi, bagi Anda yang memiliki anakan kucing yang baru lahiran. Jangan merasa bingung atau risau terkait bagaimana cara merawat kedua belah pihak antara indukan dan anakan kucingnya. Anda cukup melakukan beberapa tips di atas, dan berharap bisa membantu rasa bingung Anda dirumah.

Jika masih merasa takut merawatnya, disarankan untuk meminta bantuan ke orang-orang yang lebih ahli atau berpengalaman merawat kucing baru lahiran. Atau Anda bisa langsung bertanya ke dokter hewan setempat.

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *