Inilah instrumen investasi yang diprediksi paling cuan tahun 2021


DATABUDAYA.NET – Jakarta. Para pakar investasi prediksi, saham bakal jadi instrumen investasi paling cuan pada tahun 2021. Dibandingkan obligasi, pasar uang, maupun emas, kinerja instrumen investasi saham lebih moncer.

Mengawali dua bulan dalam tahun ini, rupanya aset saham kelas berhasil menjadi instrumen investasi dengan kinerja paling apik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pada akhir Februari telah berada di level 6.241,79 atau naik 4,39% sejak akhir tahun lalu. 

Kinerja IHSG tersebut berhasil mengalahkan instrumen investasi lainnya seperti obligasi, mata uang, dan juga emas. Obligasi korporasi (Indobex Corporate Bond) tercatat hanya naik 0,62%. Sementara obligasi pemerintah yang tercermin dari Indobex Government Bond bahkan berkinerja negatif, yakni turun 2,16%. 

Lalu, mata uang dengan kinerja paling baik, yakni poundsterling pun kinerjanya masih di bawah IHSG, yakni tumbuh 3,48%. Sedangkan emas, justru menjadi instrumen investasi dengan kinerja terburuk setelah emas spot mengalami penurunan hingga 8,60%.

Head Business Development Division Henan Putihrai Asset Management, Reza Fahmi, mengungkapkan, kinerja moncer IHSG tidak terlepas dari terjadinya V shape recovery. Hal ini terjadi dikarenakan langkah Bank Indonesia dan pemerintah yang menurutnya sudah tepat. 

Baca Juga: IHSG diprediksi melanjutkan pelemahan pada Senin (8/3), cermati saham-saham ini

“BI dan pemerintah mengambil langkah tepat seperti kebijakan moneter dengan menurunkan suku bunga dan kebijakan fiskal dengan memberikan bantuan langsung tunai dan pengaturan investasi di Indonesia. Ini beri dampak positif ke pasar keuangan kita,” kata Reza kepada DATABUDAYA.NET, Jumat (5/3).



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *