Vaksin Pfizer ampuh menetralkan varian baru COVID-19 di Brazil


ILUSTRASI. Pfizer-BioNTech. REUTERS/Florion Goga

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

DATABUDAYA.NET – NEW YORK. Vaksin COVID-19 dari Pfizer Inc dan BioNTech SE mampu menetralkan varian baru virus corona yang menyebar dengan cepat di Brasil, menurut studi laboratorium yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada Senin.

Darah yang diambil dari orang yang telah diberi vaksin menetralkan versi rekayasa virus yang mengandung mutasi yang sama yang dibawa pada bagian lonjakan varian P.1 yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di Brasil, studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari perusahaan dan peneliti Universitas Texas.

Para ilmuwan mengatakan kemampuan menetralkan setara dengan efek vaksin pada versi virus yang kurang menular sebelumnya dari tahun lalu. Lonjakan, yang digunakan oleh virus untuk memasuki sel manusia, adalah target utama banyak vaksin COVID-19.

Baca Juga: Di Amrik, warga yang sudah divaksin penuh boleh beraktivitas normal

Dalam studi yang diterbitkan sebelumnya, Pfizer telah menemukan bahwa vaksinnya menetralkan varian lain yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris dan Afrika Selatan, meskipun varian Afrika Selatan dapat mengurangi antibodi pelindung yang ditimbulkan oleh vaksin.

Pfizer mengatakan yakin vaksinnya saat ini kemungkinan besar masih melindungi terhadap varian Afrika Selatan. Namun, Pfizer berencana untuk menguji dosis penguat ketiga dari vaksin mereka serta versi yang diperlengkapi ulang secara khusus untuk memerangi varian untuk lebih memahami tanggapan kekebalan.

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *