Pemprov DKI mewajibkan anak ikut PAUD satu tahun sebelum masuk SD


DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan menerapkan layanan wajib pendidikan anak usia dini (PAUD) satu tahun bagi anak usia 5 sampai 6 tahun. 

Kepala Disdik DKI Jakarta Nahdiana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/5/2021), mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempersiapkan anak-anak ke jenjang sekolah dasar (SD). “PAUD berupa stimulasi terhadap perkembangan anak yang wajib dilakukan sejak anak usia dini,” kata Nahdiana. 

“Jika ini tidak dilakukan, akan memberikan akibat yang fatal terhadap perkembangan anak selanjutnya. Berdasarkan aspek empiris, terdapat hasil penelitian terkait pentingnya PAUD sebagai pondasi perkembangan bagi anak untuk meniti perkembangan selanjutnya,” sambungnya. 

Baca Juga: 10 Profesi paling dibutuhkan di tahun 2021, ada guru hingga tenaga kesehatan

Nahdiana menjelaskan, pihaknya telah melakukan kajian atas layanan tersebut dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemprov DKI Jakarta, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, serta Program Studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Negeri Jakarta. Nahdiana menyebutkan, rencana tersebut mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. 

Layanan ini akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran baru 2021/2022 mendatang. Pembelajaran akan tetap dilakukan secara daring atau virtual karena pandemi Covid-19. Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud RI sampai dengan Agustus 2020, Provinsi DKI Jakarta memiliki 3.964 lembaga PAUD yang terdaftar. 

Semua lembaga itu terdiri dari 1.960 taman kanak-kanak (TK), 353 kelompok bermain (KB), 20 taman pendidikan Al Quran (TPA), dan 1.631 satuan PAUD sejenis (SPS).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemprov DKI Wajibkan Anak Ikut PAUD Satu Tahun Sebelum SD”

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *