Rupiah masih berpotensi menguat di pekan depan


ILUSTRASI. Rupiah di hari Jumat (12/3), ditutup di angka Rp 14.380 per dolar Amerika Serikat (AS).

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Wahyu T.Rahmawati

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Rupiah di hari Jumat (12/3), ditutup di angka Rp 14.380 per dolar Amerika Serikat (AS). Kisaran penutupan perdagangan rupiah sepekan lalu berada di Rp 14.325 per dolar AS-Rp 14.400 per dolar AS.

Menurut analis dan founder Traderindo.com, Wahyu Laksono, pelemahan rupiah bisa dibaca juga sebagai pelemahan global, terutama dari emerging markets, seperti di beberapa waktu lalu. Rupiah sempat sulit berada di bawah angka Rp 14.000 per dolar AS tapi masih berada di rata-rata Rp 14.200 per dolar AS. 

Ketika akhirnya tembus di angka Rp 14.300 per dolar AS, terjadi perubahan kisaran. “Range rupiah sejak pertengahan 2020 itu Rp 14.500-Rp 14.000, jadi range-nya kemungkinan akan lebih lemah lagi bagi rupiah, jika dari segi fundamental dan teknikal mendukung. Karena kita lihat bahwa AS diuntungkan oleh kecemasan inflasi, dimana yield US Treasury 10 tahun memang melonjak,” ujar Wahyu.

Baca Juga: Investor institusi bisa menggairahkan pasar uang Indonesia

Menurut Presiden Komisaris HFX International Berjangka Sutopo Widodo, saat ini rupiah masih mempunyai potensi untuk menguat, seiring dengan program vaksinasi yang terus membawa prospek pemulihan ekonomi yang dipercepat tahun ini. Hal ini mulai terlihat bahwa dolar AS mulai melepaskan diri dari nilai tukarnya yang melemah sepanjang tahun, dan terlihat bahwa dolar AS mulai terakumulasi.

Untuk hari Senin (15/3), Wahyu memprediksi bahwa rupiah akan berada di kisaran Rp 14.300 per dolar AS-Rp 14.400 per dolar AS. Senada, Sutopo juga memprediksi bahwa rupiah akan berada di kisaran Rp14.300 per dolar AS-Rp 14.400 per dolar AS.

Baca Juga: Kurs Rupiah Unjuk Gigi di Akhir Pekan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *