Inilah rekomendasi makanan untuk penderita diabetes


DATABUDAYA.NET РJAKARTA. Penyakit diabetes perlu diatasi dengan baik. Jika tidak, kondisi Anda akan memburuk. Anda bisa mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes. Vitamin, mineral, dan nutrisi yang terkandung dalam beberapa jenis makanan bisa membantu tubuh mengontrol banyak hal.

Mulai dari jumlah gula darah, tekanan darah, dan jumlah kolesterol. Bahkan, dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan, berat badan tubuh Anda dan risiko penyakit lain bisa berkurang sehingga kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan, Anda pun perlu membatasi jenis makanan yang lain. Misalnya, makanan yang mengandung banyak garam dan gula. Alih-alih mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan memilih makanan berkarbohidrat yang tepat.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dengan mengonsumsi buah dan sayur. Diabetes UK (diabetes.org.uk) menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah dan sayur langsung daripada mengolahnya menjadi jus.

Saat mengolah buah dan sayur menjadi jus, ada kemungkinan penambahan gula yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Padahal, buah dan sayur mengandung gula alami yang bisa menyehatkan tanpa diberi tambahan apa pun.

Baca Juga: Catat! Ini minuman yang aman diminum penderita diabetes

Konsumsi Makanan Berkarbohidrat yang Sehat

Makanan berkarbohidrat berpengaruh pada jumlah gula darah dalam tubuh Anda. Maka dari itu, usahakan untuk memilih makanan berkarbihdrat yang tepat untuk kesehatan. Brown rice, oatmeal, atau produk olahan susu yang tidak mengandung pemanis buatan bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan karbohdrat harian.

Pilih Lemak yang Tepat

Alpukat termasuk salah satu makanan untuk penderita diabetes.

Sama seperti karbohidrat, Anda perlu memilih makanan berlemak yang tetap menyehatkan tubuh Anda. Selain menjadi sumber energi cadangan, ada banyak fungsi lemak yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan lemak dengan baik.

Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, seperti daging merah, butter, atau biskuit. Jenis makanan itu justru menambah kolesterol. Cobalah beralih mengonsumsi makanan yang kaya lemak tak jenuh, seperti alpukat, minyak ikan, atau minyak zaitun.

Baca Juga: Menderita diabetes melitus? Rambut jagung efektif mengobati diabetes melitus

Batasi Alkohol

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes yang sudah disebutkan, Anda perlu membatasi konsumsi alkohol supaya kondisi kesehatan tetap terjaga. Diabetes UK menyebutkan bahwa sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 14 unit alkohol per minggu.

Alkohol mengandung banyak kalori sehingga berdampak pada berat badan Anda. Jika Anda kesulitan untuk berhenti mengonsumsi alkohol, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat saran yang tepat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *