Neraca dagang Februari 2021 surplus US$ 2,00 miliar


ILUSTRASI. BPS mencatat neraca dagang Februari 2021 surplus US$ 2,00 miliar

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

DATABUDAYA.NET –  JAKARTA. Neraca perdagangan Indonesia kembali mencetak surplus pada bulan Februari 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, surplus neraca dagang pada bulan lalu sebesar US$ 2,00 miliar. 

Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto, mengatakan, surplus neraca perdagangan pada bulan lalu disebabkan oleh nilai ekspor yang lebih besar daripada nilai impor. 

Terperinci, nilai ekspor pada bulan Februari 2021 tercatat US$ 15,27 miliar. Sementara, nilai impor pada tahun lalu sebesar US$ 13,26 miliar. 

“Performa ekspor kita menjanjikan, karena naiknya permintaan dari berbagai negara dan didukung oleh kenaikan harga komoditas,” kata Suhariyanto, Senin (15/3) via video conference. 

Baca Juga: BPS: Impor Februari 2021 sebesar US$ 13,26 miliar, naik 14,86% dari tahun lalu

Dengan perkembangan tersebut, neraca perdagangan Indonesia secara kumulatif bulan Januari 2021 hingga bulan Februari 2021 mencetak surplus US$ 3,96 miliar. 

Surplus ini bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi Januari dan Februari 2020 yang pada waktu itu surplus SS$ 1,88 juta. 

Ke depan, Suhariyanto berharap agar perkembangan ekspor dan impor lebih baik lagi. Tak hanya itu, ia juga berharap neraca perdagangan masih bisa mencetak surplus ke depannya. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *