Terbit minggu ini, laporan yang paling ditunggu-tunggu dari misi WHO ke Wuhan


ILUSTRASI. Peter Ben Embarek, anggota tim WHO yang bertugas menyelidiki asal-usul virus corona (COVID-19), meninggalkan Rumahsakit Pengobatan Terpadu China dan Barat Provinsi Hubei di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 29 Januari 2021. REUTERS/Thomas Peter

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

DATABUDAYA.NET –¬†JENEWA. Laporan yang paling ditunggu-tunggu dari misi internasional ke Wuhan untuk menyelidiki asal-usul virus corona akan diterbitkan minggu ini, menyusul tekanan kuat AS dan China atas isinya.

Pandemi virus corona masih melanda planet ini, menewaskan lebih dari 2,6 juta orang dan menghancurkan ekonomi global sejak kasus pertama muncul di kota China tersebut pada Desember 2019 lalu.

Dalam 15 bulan sejak saat itu, sains telah secara ajaib mengembangkan banyak vaksin untuk melawan penyakit akibat virus corona. Tetapi, misteri di jantung pandemi masih belum terpecahkan.

Baru pada Januari lalu tim ahli internasional yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengunjungi Wuhan untuk memulai penyelidikan selama sebulan di lapangan.

Misi WHO bertujuan untuk menemukan petunjuk tentang bagaimana virus corona awalnya berpindah dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Peneliti WHO sarankan cari sumber virus corona di seluruh dunia

Sekarang, sebulan setelah meninggalkan Wuhan, tim WHO dan rekan-rekan China mereka bersiap untuk mengeluarkan temuan, yang seharusnya membantu mengidentifikasi jalur yang paling mungkin, sambil menurunkan hipotesis lain yang kurang mungkin.

Meskipun para pemimpin global menginginkan jawaban segera, mengungkap asal muasal epidemi membutuhkan waktu, dan terkadang tidak pernah ditemukan.

Tim WHO optimistis

Meskipun demikian, mengutip Channel News Asia, anggota misi, yang berasal dari berbagai bidang dan disiplin ilmu, optimistis.

“Saya yakin, kami akan segera mengetahuinya. Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan memiliki data signifikan yang nyata tentang dari mana asalnya dan bagaimana kemunculannya,” kata ahli zoologi Inggris Peter Daszak, salah satu tim, pada 10 Maret lalu.

Pada 9 Februari, tim WHO mengadakan konferensi pers yang panjang di Wuhan sebelum meninggalkan kota itu, memberikan gambaran tentang apa yang mungkin muncul dalam laporan tersebut.

Baca Juga: China: Kami akan terus bekerja dengan WHO untuk temukan asal-usul virus corona






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *