Kemnaker catat 586.049 peserta kartu prakerja daftar pelatihan lewat Sisnaker


ILUSTRASI. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Sisnaker merupakan satu-satunya platform digital milik pemerintah yang menjadi salah satu pelaksana program kartu prakerja. Tahun lalu, terdapat sekitar 586.049 peserta yang mendaftar program pelatihan melalui Sisnaker.

“Pada tahun 2020 masyarakat mendaftar pelatihan kartu prakerja melalui Sisnaker sebanyak 586.049 orang,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX, Selasa (16/3).

Ida membeberkan, 10 program pelatihan yang paling diminati peserta program prakerja di Sisnaker.

Pertama, teknis makeup natural yang dipilih 66.666 peserta, belajar bahasa Inggris sebanyak 55.136 peserta, pengenalan komputer, internet, Email dan Microsoft Word dipilih 46.021 peserta, makeup untuk diri sendiri atau teknik tata rias dasar sebanyak 45.933 peserta, sosial media marketing sebanyak 38.493 peserta.

Baca Juga: Daftar Prakerja Gelombang 14, ini biaya pelatihan dan insentif yang bisa didapat

Lalu, mengolah data numerik menggunakan Microsoft Excel termasuk makro dan pivot sebanyak 31.004 peserta, youtube content creator sebanyak 24.250 peserta, teknik rias wajah untuk sehari-hari sebanyak 20.703 peserta, tata rias pengantin sebanyak 16.809 peserta, serta kursus menjahit sebanyak 15.373 peserta.

“Jadi lebih banyak untuk kepentingan kompetensi diri, Meskipun kalau kita lihat persentase terbesar kedua itu belajar bahasa inggris dan pengenalan komputer yang ketiga dan seterusnya,” ujar Ida.

Ida pun mengatakan Kemnaker turut melakukan upaya untuk program kartu prakerha ini, yakni  melakukan  pendataan tenaga kerja terdampak Covid-19 untuk kemudian diusulkan menjadi daftar Whitelist Program Kartu Prakerja. Terdapat 2,17 juta orang yang diusulkan menjadi whitelist.

“Ini whitelist yang kita usulkan adalah mereka yang di-PHK dan dirumahkan yang datanya by name by address sudah disinergikan dengan data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Baca Juga: Sulit mendaftar Kartu Prakerja, mungkin ini sebabnya

Dia juga mengatakan, Kemnaker turut menerbitkan Permenaker 17 Tahun 2020 tentang Proses Bisnis, Tata Cara Pendaftaran, Seleksi, dan Penetapan Penerima Kartu Prakerja dengan Cara Luar Jaringan.

Tahun ini, Sisnaker juga akan kembali menjadi platform mitra  program kartu prakerja. Tak hanya itu, Kemnaker juga mendorong agar calon PMI mendapatkan kuota program kartu prakerja.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *