Efek pandemi Covid-19 masih akan pengaruhi kinerja Multi Bintang (MLBI) tahun ini


ILUSTRASI. Logo produsen bir bintang PT Multi Bintang Tbk mlbi

Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) mengaku prospek kinerjanya di tahun 2021 masih akan dipengaruhi oleh perkembangan pandemi Covid-19 beserta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.

Sebagai catatan, penjualan MLBI merosot 46,63% (yoy) menjadi Rp 1,98 triliun pada akhir tahun 2020. Di saat yang sama, laba bersih MLBI tergerus 76,66% (yoy) menjadi Rp 288 miliar.

Jika ditelusuri, penjualan minuman beralkohol MLBI turun 49,85% (yoy) menjadi Rp 1,64 triliun per akhir tahun lalu, sedangkan penjualan produk non alkohol perusahaan turun 21,82% (yoy) menjadi Rp 440,87 miliar.

Finance Director Multi Bintang Indonesia Sandra Pattenden menyebut, pada dasarnya MLBI masih terus mempelajari proyeksi kinerja bisnis perusahaan di masa mendatang. Hal tersebut tak lepas dari ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir dan sampai kapan pelaku usaha merasakan ketidakstabilan perekonomian nasional.

“Jadi kami belum bisa mengukur secara keseluruhan dampak negatif lebih jauh dari pandemi ini terhadap bisnis perusahaan,” ujar dia, Rabu (17/3).

Baca Juga: Penjualan merosot, laba bersih Multi Bintang Indonesia (MLBI) turun 76% di 2020

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri minuman, MLBI menyambut baik segala kebijakan pemerintah yang dimaksudkan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian, khususnya di sektor pariwisata yang menjadi ranah penjualan produk perusahaan tersebut.

Saat ini, Manajemen MLBI terus fokus berkoordinasi dengan para pelanggan dan membantu mereka untuk dapat bersama-sama menjalani era kenormalan baru melalui praktik-praktik bisnis yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan para karyawan serta konsumen.

Sandra mencontohkan, MLBI telah membantu dan mendampingi outlet-outlet mitra perusahaan tersebut di Bali dalam menjalani proses sertifikasi protokol dari Dinas Pariwisata Bali. “Hal ini diawali dengan mengadakan pelatihan terkait protokol Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainabilty (CHSE) bagi 50 outlet pilot,” imbuhnya.

Dia menambahkan, MLBI juga memastikan bahwa segmen bisnis minuman non alkohol (non alcoholic beverages) akan terus menjadi bagian penting dari perusahaan di masa mendatang. Terlebih lagi, MLBI telah meluncurkan varian baru dari produk Bintang Radler 0,0% Blackcurrant dan Lime yang bebas alkohol pada pertengahan tahun lalu.

Pihak MLBI pun memiliki keyakinan yang kuat terhadap perkembangan produk di segmen tersebut pada tahun 2021. “Tentunya kami berharap antusiasme konsumen tetap tinggi untuk menyambut inovasi kami di kategori tersebut,” tandas Sandra.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *