Ekonom Bank Permata imbau Bank Indonesia untuk tahan suku bunga acuan di level 3,50%


ILUSTRASI. Kantor Bank Indonesia. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Bank Permata memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan mempertahankan suku bunga di level 3,50% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Maret 2021. 

Sebelumnya, bank sentral telah memangkas suku bunga habis-habisan, dengan total penurunan suku bunga acuan sebesar 125 basis poin (bps) sejak tahun 2020 hingga bulan lalu. 

“Suku bunga acuan BI saat ini diperkirakan masih konsisten untuk menjangkar ekspektasi inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah mempertimbangkan volatilitas rupiah,” ujar ekonom Bank Permata Josua kepada DATABUDAYA.NET, Rabu (17/3). 

Baca Juga: Peringati Hari Perawat Nasional, Sri Mulyani ucapkan rasa terima kasih

Josua menjabarkan, gonjang-ganjing nilai tukar rupiah terindikasi dari rata-rata one-month implied volatility yang naik menjadi 8,1% sepanjang bulan ini. Padahal, pada bulan lalu, tercatat di kisaran 7,8%. Meningkatkan volatilitas ini membuat nilai tukar rupiah melemah sebesar 2,3% secara rata-rata pada bulan Maret 2021. 

Pelemahan rupiah ini juga dipengaruhi oleh tren kenaikan yield US Treasury 10 tahun yang saat ini berada di level 1,62% atau meningkat 22 bps dibandingkan akhir Februari 2021, atau meningkat 71 bps dibandingkan akhir tahun 2020. 

“Peningkatan yield US Treasury tersebut didorong oleh ekspektasi kenaikan inflasi Amerika Serikat (AS) dalam jangka pendek sejalan dengan prospek pemulihan ekonomi AS yang menunjukkan tren membaik,” tambah Josua. 

Baca Juga: Pemerintah akan turunkan tarif PPh final jasa konstruksi, lihat rincian tarifnya

Nah, tren peningkatan yield US Treasury tersebut telah mendorong kenaikan yield Surat Utang Negara (SUN) 10 tahun sebesar 16 bps, bila dibandingkan dengan akhir bulan Januari 2021 lalu. kini, yield SUN 10 tahun berada di level 6,77%. Bila dibandingkan dengan akhir tahun 2020 pun, ini nampak meningkat 88 bps. 

Kenaikan yield SUN tersebut disertai dengan penurunan kepemilikan asing terhadap SBN sebesar US$ 1,24 miliar pada bulan Maret 2021 ini. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *