Kita tidak ingin mengancam siapa pun!


ILUSTRASI. Kementerian Pertahanan meluncurkan kapal selam Alugoro-405 buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia yang bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021).

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Indonesia memiliki kapal selam baru. Namanya Alugoro-405. Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, kehadiran kapal selam terbaru Alugoro-405 bukan menjadi penanda Indonesia ingin mengancam negara mana pun.

“Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak,” ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021). 

Prabowo juga menegaskan, bahwa Indonesia sejak dulu cintai damai. Begitu juga dengan kehadiran Alugoro yang tidak bertujuan untuk mengancam siapa pun. 

“Berkali-kali, turun-temurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai, tapi lebih cinta kemerdekaan,” tegas Prabowo. 

Baca Juga: Di ASEAN, RI menjadi satu-satunya negara pembuat kapal selam

Di tengah upaya pembangunan kemampuan pertahanan nasional, Prabowo minta industri pertahanan dalam negeri turut serta dalam upaya peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Mengingat, saat ini banyak alat pertahanan yang berusia relatif tua. 

“Kita harap peran serta, inisiatif, kerja keras teknologi-teknologi kita, sarjana-sarjana kita, cendekiawan kita, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras,” tegasnya. 

Sejalan dengan itu, Prabowo menegaskan, bahwa Indonesia harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah. Hal itu dilakukan itu dilakukan sebagai upaya untuk menangkal jika terdapat ancaman tentara negara asing. 

Baca Juga: Jokowi: Pengembangan alutsista harus adopsi pengembangan teknologi militer terkini

“Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi,” katanya. 

Sebelumnya, Prabowo telah meresmikan kehadiran Alugoro produksi PT PAL Indonesia (Persero) dengan skema transfer teknologi engan perusahaan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME). 

Peresmian dilakukan di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021). Adapun Alugoro ini akan digunakan Komando Armada II (Koarmada II).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “RI Punya Kapal Selam Baru, Prabowo: Kita Tidak Ingin Ancam Siapa Pun”
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Krisiandi

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *