MNC Kapital Indonesia kantongi peringkat idBBB dari Pefindo


ILUSTRASI. Peresmian cabang MNC Kapital BCAP

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idBBB untuk PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan Obligasi Berkelanjutan II/2018 Tahap I dengan prospek stabil. 

Pefindo menyebut, peringkat tersebut memiliki kemampuan memadai dibandingkan obligor lain untuk memenuhi komitmen jangka panjang. Namun obligor akan terpengaruh perubahan buruk kondisi ekonomi. 

Selain itu, peringkat juga mencerminkan permodalan di atas rata – rata, serta likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang memadai. Namun peringkat dibatasi akses tidak langsung terhadap arus kas operasional anak-anak perusahaan, implementasi sinergi dengan group yang masih berjalan dan volatilitas di pasar modal.

“Peringkat akan dinaikkan jika terjadi penguatan yang signifikan dan konsisten dari profil bisnis Perusahaan melalui anak-anak usahanya. Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan jika arus kas Perusahaan melemah akibat penurunan profil kredit anak-anak perusahaan,” kata Pefindo dalam keterangan resmi, Senin (15/3).

Baca Juga: MNC Kapital (BCAP) pakai dana private placement untuk ekspansi

Pefindo memperkirakan pandemi memberikan dampak moderat terhadap profil kredit MNC Kapital karena didukung likuiditas. Perusahaan juga cukup dengan fasilitas kredit yang belum digunakan Rp 2,1 triliun pada September 2020 dan diversifikasi bisnis. 

Kemungkinan besar dukungan dari MNC Grup dapat memitigasi potensi risiko yang timbul dari pelemahan bisnis substansial anak – anak perusahaan di bank, pasar modal dan bisnis pembiayaan selama pandemi. 

BCAP adalah perusahaan holding investasi yang saat ini memiliki 9 anak perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, sekuritas, manajemen investasi, pembiayaan konsumen, pembiayaan sewa guna usaha, asuransi jiwa, asuransi umum, jasa penyewaan properti, dan perusahaan financial technology. 

Akhir September 2020, 53,97% saham perusahaan dimiliki oleh PT MNC Investama Tbk, Jalan Pantai Limited 9,91%, UOB Kay Hian Ltd 9,00%, HT Investment Development Ltd 8,59%, perorangan yaitu anggota manajemen 0,28%, dan masyarakat 18,25%.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *