Pandemi corona belum berakhir, simak cara menjaga kesehatan anak


DATABUDAYA.NET – Jakarta. Pandemi corona yang berlangsung sejak awal tahun 2020 belum berakhir hingga Maret 2021 ini. Perhatikan cara menjaga kesehatan anak saat pandemi corona agar terhindar dari Covid-19 akibat virus corona varian lama mupun hasil mutasi B.1.1.7 yang sudah masuk ke Indonesia.

Selama pandemi Covid-19, terjadi perubahan gaya hidup pada anak-anak. Salah satunya karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dari rumah.

Penting bagi orangtua untuk memastikan anak tetap memiliki gaya hidup aktif. Sebab, itu adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak, baik fisik maupun mental.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anak saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7, antara lain:

1. Tidur yang cukup

Cara pertama untuk menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7 adalah dengan tidur cukup. Jangan biasakan anak begadang.

Kualitas tidur yang cukup dapat membuat otak berfungsi lebih baik keesokan harinya. Idealnya, anak-anak tidur setidaknya delapan hingga 10 jam tidur, tergantung usianya. Waktu tidur yang cukup membuat tubuh dan otak anak dapat berfungsi dengan baik.

Orangtua juga perlu menerapkan protokol sleep hygiene agar anak mendapatkan kualitas tidur lebih baik tanpa gangguan. Caranya, pastikan tidak ada suara keras dalam kamar tidur.

Sebaliknya, ganti dengan musik lembut atau lagu pengantar tidur. Membaca cerita pengantar tidur juga bisa membantu. Selain itu, jangan bermain gadget sebelum tidur karena menghambat produksi hormon melatonin yang membantu menciptakan rasa kantuk.

Baca juga: 7 Hal yang perlu diketahui tentang mutasi virus corona B.1.1.7 di Indonesia

2. Gaya hidup aktif

Cara lain menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7 adalah dengan menjalankan gaya hidup aktif.

Gaya hidup kurang gerak dapat menyebabkan banyak penyakit. Ajari anak tentang pentingnya olahraga dan gaya hidup aktif demi kehidupan masa depan.

Orangtua bisa mengajak anak melakukan olahraga yang menyenangkan, seperti bulu tangkis, bermain sepatu roda, sepak bola, basket, dan lainnya. Selain penting untuk kebugaran, membiasakan aktivitas fisik juga dapat membantu membangun fisik dan meningkatkan kemampuan mental anak.

Secara bersamaan, hal tersebut membantu mengembangkan keterampilan sosial serta koordinasi motorik halus.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *