Siap perang lawan China, Taiwan perkuat militer di Laut China Selatan


ILUSTRASI. Taiwan telah memperkuat penempatan militer di Laut China Selatan yang disengketakan. Selain itu, Amerika Serikat telah menyetujui ekspor teknologi untuk melengkapi armada kapal selam baru Taiwan. REUTERS/Stephen Lam

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DATABUDAYA.NET – TAIPEI. Menteri pertahanan Taiwan yang baru saja diangkat mengatakan pada Rabu (17/3/2021) bahwa pihaknya telah memperkuat penempatan militer di Laut China Selatan yang disengketakan. Selain itu, Amerika Serikat telah menyetujui ekspor teknologi untuk melengkapi armada kapal selam baru Taiwan.

Berdasarkan pemberitaan Reuters, China yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkatkan aktivitas militernya di dekat pulau itu dalam beberapa bulan terakhir dengan tujuan menekan Taipei agar menerima kedaulatan Beijing. Taiwan sendiri telah berjanji untuk mempertahankan diri.

Berbicara di parlemen, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng, yang menjabat bulan lalu, mengatakan Taiwan telah meningkatkan personel militer dan persenjataan di Itu Aba, pulau utama yang diduduki Taiwan di Laut China Selatan.

Itu Aba, yang juga dikenal sebagai pulau Taiping, adalah pulau terbesar yang terjadi secara alami di Spratley dan mendapat penjagaan ketat oleh Penjaga Pantai Taiwan.

Baca Juga: AS: China meningkatkan bukan mengurangi ketegangan di Laut China Selatan dan Timur

“Mereka mampu memulai perang,” kata Chiu kepada parlemen ketika ditanya oleh seorang anggota parlemen tentang apakah China dapat menyerang Taiwan. “Tujuan saya adalah agar kita selalu siap setiap saat.”

Chiu mengatakan Taiwan memperkuat posisinya di sana karena “ekspansionisme” China di wilayah itu. China telah membangun pulau buatan manusia di Laut China Selatan dan pangkalan udara di beberapa pulau tersebut. 

Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei semuanya memiliki klaim di jalur air strategis tersebut.

Baca Juga: Pakar China: Xi Jinping berencana mencaplok paksa Taiwan dalam lima tahun ke depan






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *