Akhir bulan ini, Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran diresmikan


ILUSTRASI. Alat berat bekerja di proyek pembangunan jalan tol Serpong-Cinere, Kamis (18/02).

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimistis dapat meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akhir Maret 2021.

Komisaris Utama Jasa Marga Yuswanda A Temenggung memastikan hal itu pada saat tinjauan Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga, Rabu (17/3/2021).

“Di samping beberapa kendala minor yang masih dihadapi, kami optimis kedua ruas tol ini dapat selesai pada akhir Maret 2021,” terang Yuswanda.

Jika kelak beroperasi, kedua ruas jalan tol itu akan menjadi alternatif baru bagi masyarakat, terutama menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Jadi rebutan raja properti, jangan lagi sebut Bekasi sebagai planet

Tol Serpong-Cinere dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Kedua jalan bebas hambatan berbayar ini juga akan terintegrasi dengan Tol Kunciran-Serpong yang lebih dahulu dioperasikan oleh PT Marga Trans Nusantara sejak Tahun 2019.

Tol Serpong-Cinere memiliki panjang keseluruhan 10,14 kilometer dan terbagi menjadi dua seksi. Kedua seksi itu yakni, Seksi 1 Serpong-Pamulang membentang 6,59 kilometer dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer.

Hingga kini, progres konstruksi Seksi 1 telah tuntas dan siap diresmikan akhir Maret 2021. Sementara itu, pembangunan Seksi 2 telah mencapai 79,7 % dengan pembebasan lahan mencapai 99,17 %.

Baca Juga: Progres 93%, jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ditargetkan rampung bulan ini

Di sisi lain, Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang keseluruhan 14,19 kilometer dan terbagi menjadi 4 Seksi. Keempat seksi ruas tol itu di antaranya, Seksi I Kunciran-Tirtayasa sepanjang 2,04 kilometer, Seksi II Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer.

Lalu, Seksi III Benteng Betawi-H.Sastranegara sepanjang 6,57 kilometer, dan Seksi IV H.Sastranegara-SS Benda sepanjang 2,06 kilometer.

Adapun keseluruhan progres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran mencapai 97,01 % dengan pembebasan lahan mencapai 97,74 %. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran Diresmikan Akhir Maret”

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *