Duh! Layanan kesehatan Brasil alami krisis terburuk dalam sejarah


ILUSTRASI. Brasil mengalami kehancuran bersejarah dalam layanan kesehatannya karena unit perawatan intensif di rumah sakit kehabisan kapasitas. REUTERS/Pilar Olivares

Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DATABUDAYA.NET – RIO DE JANEIRO. Brasil mengalami kehancuran bersejarah dalam layanan kesehatannya karena unit perawatan intensif di rumah sakit kehabisan kapasitas. Demikian peringatan dari lembaga kesehatan terkemuka Brasil, Fiocruz.

Melansir BBC, data yang dilansir Fiocruz, unit perawatan Covid-19 di semua 27 negara bagian, kecuali dua di antaranya, berada pada atau di atas kapasitas 80%.

Bahkan, di negara bagian Rio Grande do Sul tidak ada tempat tidur perawatan intensif sama sekali.

Peringatan itu datang ketika Brasil mencatat jumlah kematian harian tertinggi dengan 2.841 orang meninggal dalam waktu 24 jam.

Angka itu merupakan lonjakan besar dari angka kematian tertinggi sebelumnya sebanyak 2.286 orang pada 10 Maret.

Baca Juga: Inflasi melonjak, Brasil kerek suku bunga pertama kali dalam 6 tahun terakhir

“Analisis oleh para peneliti kami menunjukkan kejadian itu adalah keruntuhan terbesar rumah sakit dan layanan kesehatan dalam sejarah Brasil,” demikian pernyataan Fiocruz. 

Pejabat kesehatan di negara bagian terpadat di Brasil, São Paulo, yang pada Selasa juga mencatat rekor kematian harian, telah meminta menteri kesehatan baru untuk mempertimbangkan memberlakukan penguncian nasional.

Baca Juga: Duh, kasus baru virus corona global kembali dalam tren meningkat

Marcelo Queiroga – yang secara resmi akan diangkat sebagai menteri kesehatan Rabu malam – adalah orang keempat yang menjabat sejak pandemi dimulai.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *