Kemenkop UKM dorong peningkatan konsumsi produk UMKM


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Tendi Mahadi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Hanung Harimba Rachman mengatakan, secara umum UKM sudah mulai beradaptasi dengan kondisi saat ini.

Hanung menyebut, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi produk dalam negeri. Misalnya melalui program bangga buatan Indonesia. Hal ini demi meningkatkan aktivitas ekonomi dalam negeri di tengah pandemi. “(UMKM) Sudah mulai membaik, tapi masih belum sepenuhnya ya,” ujar Hanung ketika dihubungi, Kamis (18/3).

Hanung mendorong UKM memasuki ekosistem digital, mengeskpor produknya dan/atau mensubstitusi produk dengan menjual produk yang saat ini mengalami pertumbuhan permintaan. Seperti masker dan hand sanitizer. “Yang masih bagus fashion dan lainnya, itu yang kami dorong,” ujar dia.

Baca Juga: Hipmi tak setuju akan rencana penurunan batasan omzet pengusaha kena pajak

Lebih lanjut Hanung berharap, banpres UMKM dan insentif yang diberikan pemerintah bisa menjadi salah satu stimulus pendongkrak UMKM tahun ini. Terlebih, pada tahun 2020, kebijakan tersebut terbukti dapat membantu UMKM bertahan di tengah pandemi. “Ini menunjukkan bahwa membantu sekali untuk UMKM,” ucap dia.

Selain itu, Hanung mengatakan, kebijakan afirmatif bagi UMKM melalui UU cipta kerja dan peraturan pelaksananya dapat mulai membangkitkan UMKM. Misalnya, kewajiban kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk mengalokasikan belanjanya kepada UMKM.

Kemudian, kewajiban fasilitas publik untuk mengalokasikan ruangnya bagi UMKM. Misalnya di bandara, rest area jalan tol, stasiun dan pelabuhan.

Hanung menyebut, jika UMKM bisa tumbuh maka akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja karena sebagian besar lapangan kerja diciptakan melalui UMKM. “Kalau misalnya yang belanja pemerintah benar-benar terlaksana, setidak-tidaknya ada pasar bagi kurang lebih nilainya Rp 460 triliun, pasar untuk UMKM,” tutur Hanung.

Baca Juga: Pemerintah diminta optimalkan insentif untuk dongkrak akselerasi UMKM

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah berkomitmen melakukan pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari sektor UMKM, terlebih di tengah pandemi Covid-19 banyak UMKM yang berjatuhan.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *