Vaksinasi Sepenuh Hati


Sumber: Harian DATABUDAYA | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

DATABUDAYA.NET – Hingga kemarin, 17 Maret 2021, Kementerian Kesehatan mencatat lebih dari 4,7 juta orang mendapat suntikan vaksinasi Covid-19 dosis ke-1. Adapun suntikan vaksin dosis ke-2 sudah menjangkau lebih dari 1,87 juta orang.

Dibandingkan dengan total target vaksinasi sebanyak lebih dari 181 juta orang, tentu pencapaian vaksinasi di atas bisa dibilang belum seberapa. Baru sekitar 2,6% dari total target yang sudah tervaksin dosis pertama dan baru sekitar 1% terjangkau oleh vaksin dosis kedua. Mengingat program vaksinasi ini sudah berlangsung selama 2 bulan lebih beberapa hari, bisa kita bayangkan betapa masih bakal sangat lama agar seluruh target tercapai, kalau tak ada akselerasi vaksinasi.

Namun demikian, laju penambahan data orang tervaksin dalam beberapa pekan terakhir benar-benar terasa lebih cepat. Kecuali pada akhir pekan dan hari libur, penambahan data orang tervaksin dosis 1 maupun dosis 2 secara harian sudah mencapai ratusan ribu orang. Angka penambahan data harian tersebut cukup menimbulkan optimisme bahwa seluruh target bakal terinjeksi vaksin Covid-19 dalam 2 atau 3 tahun mendatang.

Keterlibatan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam penyelenggaran Sentra Vaksinasi di DKI Jakarta sedikit banyak punya andil menambah laju vaksinasi. Sejak 8 Maret hingga kemarin, sudah 50.000 orang diinjeksi vaksin Covid-19 lewat program yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, ini. Saban hari, Sentra Vaksinasi BUMN memasang target 5.000 orang. Jika jadi berlangsung selama 4 bulan penuh, bakal ada 600.000 orang tervaksin melalui program ini.

Konon program ini juga ditawarkan kepada pemerintah daerah yang lain. Kalau benar begitu, semoga berbondong-bondong pemda mengundang Sentra Vaksinasi BUMN ke daerah masing-masing agar target vaksinasi per tahap di daerah juga segera terjangkau.

Inisiatif Kementerian BUMN patut menjadi model yang bisa diduplikasi oleh kementerian atau lembaga pemerintah yang lain, di luar Kementerian Kesehatan. Semakin banyak pihak terlibat dalam penyelenggaraan vaksinasi, semakin cepat target total vaksinasi tercapai.

Tak perlu heran kalau selama beberapa tahun mendatang angka vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu indikator penting yang bisa mempengaruhi sentimen investasi dan bisnis. Laju cepat vaksinasi bisa menambah optimisme dunia usaha sehingga pada gilirannya bisa mempercepat pemulihan ekonomi.

Penulis : Hasbi Maulana

Managing Editor






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *