Wujud asli mobil Toyota Aygo X Prologue terungkap, bakal jadi saudara Yaris


DATABUDAYA.NET – TOKYO. Toyota resmi memperkenalkan wujud asli dari konsep mobil di segmen A bernama Toyota Aygo X Prologue. Berbeda dengan produsen lain, Toyota akan menempatkan Toyota Aygo X Prologue pada kelas crossover yang akan menggantikan mobil city car sukses.

Mengutip dari Carscoops, varian mobil ini merupakan penerus Toyota Aygo yang beredar dari tahun 2018. Mobil Toyota Aygo X Prologue dikembangkan secara eksklusif oleh Toyota.

Alasan lain Toyota merilis varian ini karena mobil hasil kerjasama dengan Peugeot dan Citroen tidak akan dirilis kembali. Peugeot 108 dan Citroen C1 merupakan mobil dengan segmen yang sama dengan Toyota Agyo.

Dibandingkan dengan varian Toyota Agyo sebelumnya, mobil ini memiliki body yang lebih tinggi layaknya mobil crossover SUV. Bagian roda besar dibalut ban bermerek ‘Aygo X’ dari Goodyear.

Baca Juga: Siap meluncur di Shanghai, Toyota kembali rilis teaser mobil listrik terbaru

Mobil terbaru Toyota Aygo X-Prologue tampak dalam wujud asli

Dari sisi bodywork, mobil ini cukup berotot dengan lengkungan melebar, dan garis atap terjepit. Sisi depan Toyota Aygo Prologue tidak memiliki gril atau hidung mobil.

Sebagai gantinya, ujung depan memiliki desain yang jauh lebih bersih, dengan kap dua lapis. Dari unit pencahayaan, Toyota Aygo memiliki bentuk C yang dihubungkan oleh strip LED kontinu.

Bumper mobil Toyota Aygo X Prologue ini menggabungkan gril bawah yang jauh lebih besar, dua ventilasi udara samping, dan lampu kabut LED.

Bagian belakang terlihat lebih revolusioner, dengan lampu belakang vertikal. Lampu dari Toyota Aygo disatukan oleh strip LED lain, diposisikan di setiap sisi pintu belakang yang lebih lebar.

Baca Juga: Teaser mobil listrik Toyota X Prologue muncul, bakal mengaspal pekan depan

Konsep mobil Toyota Aygo X-Prologue tampak dalam wujud asli

Beberapa sorotan visual dari konsep mobil Toyota Aygo X Prologue ini adalah dudukan sepeda di pelat selip belakan. Di bagian gagang pintu memiliki desain yang dipasang rata dengan hal unik lainnya seperti kamera aksi di casing kaca spion samping.

Fungsi dari kamera tersebut diklaim untuk “menangkap dan berbagi momen khusus eksplorasi”, menurut Toyota. Dalam peluncuran gambar mobil crossover ini Toyota belum merilis dengan jelas sorotan sisi interiornya.

Model produksi dari Toyota Aygo akan dibangun di atas platform yang sama dengan Toyota Yaris terbaru, Arsitektur GA-B. Agar kompatibel dengan mesin yang berbeda, crossover tersebut dilaporkan akan diluncurkan dengan mesin bensin berkapasitas kecil agar tetap terjangkau.

Sebelumnya, saat teaser dari mobil Toyota Aygo X Prologue muncul, diisukan mobil ini akan merepresentasikan varian mobil Toyota dengan mesin listrik ataupun hybrid.

Toyota belum mengatakan informasi lebih jelas untuk perilisan resmi dari mobil Toyota Aygo dan segera mematangkan konsep mobil crossover ini.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *