Gandeng SayurBox, Awan Tunai salurkan pinjaman ke 5.000 UMKM pertanian


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Penyelenggara peer to peer (P2P) lending AwanTunai menjalin kerja sama dengan SayurBox menyalurkan pinjaman ke UMKM petani. AwanTunai bersama dengan SayurBox memberikan kemudahan akses pembiayaan faktur formal yang berbiaya rendah. 

Hingga saat ini telah memfasilitasi lebih dari 5.000 UMKM petani di Indonesia. Dalam upaya mengembangkan program ini, AwanTunai dan SayurBox juga menjalin kemitraan dengan Swiss Capacity Building Facility (SCBF) guna memfasilitasi bantuan teknis pendanaan.

Dukungan AwanTunai dalam kerja sama ini adalah untuk mengembangkan pengumpulan data dan infrastruktur penilaian digital melalui dana yang difasilitasi oleh SCBF. Inisiatif ini bertujuan untuk membentuk proses manajemen risiko kredit yang diterima bank agar lebih sesuai untuk UMKM petani serta mengembangkan sistem infrastruktur dasar dan melakukan aktivitas penjualan dan pemasaran. 

Baca Juga: KPPU ungkap potensi pelanggaran persaingan usaha e-commerce

Penyebaran infrastruktur di antara mitra rantai pertanian ini diharapkan dapat membuka semakin banyak UMKM petani kepada akses pembiayaan.

“Sebagian besar UMKM petani Indonesia tidak memiliki akses ke modal kerja yang terjangkau atau rantai pasokan downstream yang merata. Terbatasnya akses ke dukungan kredit formal, permodalan, teknologi, dan akses menimbulkan berdampak negatif terhadap stabilitas ekonomi petani. Dengan demikian, kemitraan ini akan berpengaruh besar pada kesejahteraan petani Indonesia,” ujar Dino Setiawan, Chief Executive Officer dan Co-Founder AwanTunai dalam keterangan tertulis pada Jumat (19/3). 

Kinerja ini diharapkan dapat mendigitalisasi dan mengoptimalkan rantai pasokan industri pertanian untuk memperluas jangkauan akses pembiayaan terjangkau kepada lebih dari 19 juta UMKM petani, termasuk mereka yang tidak memiliki rekening bank, di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan kedua belah pihak saling melengkapi tujuan mereka dalam meningkatkan kesejahteraan dan inklusi keuangan bagi seluruh UMKM petani Indonesia.

“Sayurbox sangat senang dapat bekerja sama dengan AwanTunai dalam mendukung industri pertanian Indonesia yang semakin berkembang. Pertanian adalah salah satu sektor utama perekonomian Indonesia yang paling banyak menyerap tenaga kerja Indonesia. Langkah dari Sayurbox dan AwanTunai ini adalah bagian dari komitmen kami dalam mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani Indonesia secara signifikan, hari ini dan seterusnya,” tambah Arif Zamani, Chief Financial Officer SayurBox. 

Baca Juga: Pacu bisnis, fintech lending ramai-ramai jalin kemitraan

Di Indonesia, pembiayaan untuk UMKM petani diketahui penuh dengan kinerja pembayaran yang belum optimal. Kendala dalam pengelolaan tanaman, dana pinjaman, dan hasil panen membuat pembiayaan menjadi tantangan untuk diterapkan secara konsisten. 

AwanTunai melakukan kolaborasi dengan SayurBox sebagai offtaker pertanian untuk mengembangkan pembiayaan berkelanjutan dan terjangkau yang akan mempercepat siklus arus kas UMKM petani dalam menerima dana dari penjualan hasil panen. Hal ini juga akan membuka akses ke input yang lebih baik dalam bentuk benih, pupuk, dan bahan lain untuk perkembangan pertanian mereka.

Bekerja sama dengan perantara rantai pasokan, AwanTunai dan SayurBox percaya bahwa untuk bisa mencapai solusi pembiayaan berkelanjutan ini, kredit macet harus diminimalisir.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *