Jasa Marga (JSMR) dukung penggunaan sistem transaksi non tunai nirsentuh


ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melintasi ruas Tol. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Indonesia sebentar lagi akan menggunakan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF) berteknologi GNSS (Global Navigation Satelite System) dari Roatex, Ltd, Hungaria. 

Menanggapi hal tersebut, Direkur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Subakti Syukur mengatakan bahwa JSMR sangat menyetujui adanya sistem transaksi tol non tunai nirsentuh tersebut. “JSMR tentu sangat setuju sekali karena banyak sekali manfaatnya dari sisi efektivitas maupun efisiensi operasional jalan tol,” kata Subakti kepada DATABUDAYA, Jumat (19/3). 

Subakti menambahkan, kelebihan adanya penggunaan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis MLFF dinilai akan meningkatkan pembayaran secara digitalisasi. Sehingga, tidak perlu lagi menggunakan fisik gerbang, bebas antrean serta dinilai akan lebih efisien dan efektif. 

Baca Juga: Ada Pungutan Transaksi Uang Elektronik, Operator Jalan Tol Keberatan

Namun menurutnya ada juga beberapa tantangan dengan adanya penggunaan sistem pembayaran tersebut. Ia mengatakan, terkait kesiapan data registrasi dan identifikasi semua kendaraan yang melalui jalan tol harus terintegrasi dengan kepemilikan secara nasional. Hal ini untuk mendukung kepastian pendataan dan pendapatan transaksi. 

“Termasuk untuk mendukung law enforcement apabila terjadi violation. Sehingga hal ini harus  dikoordinasikan ke semua stakeholders terkait,” tambahnya. 

Selain itu, ia bilang terkait realiability dan sustainability teknologi yang dipilih dalam hal ini dengan menggunakan solusi teknologi berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System) sudah tepat ditetapkan untuk di operasikan di jalan tol. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *