Perum Perindo dan Hipmikimdo teken nota kesepahaman untuk bantu UMKM perikanan


ILUSTRASI. Suasana Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Perusahaan Umum Perikanan Indonesia atau Perum Perindo dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia atau Hipmikimdo menyepakati untuk mengerek pertumbuhan ekonomi melalui UMKM perikanan.

Kedua belah pihak telah menandatangani nota kesepahaman di kantor pusat Perum Perindo, Kamis (18/3/2021). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto dan Ketua Umum Hipmikimdo Laurensius Manurung serta disaksikan jajaran direksi Perindo dan seluruh DPD-DPC Hipmikimdo di Indonesia.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus menjadi garda terdepan untuk memajukan perikanan. “Perum Perindo siap bahu-membahu dan bekerjasama dengan UMKM di bawah naungan Hipmikimdo,” katanya dalam keterangan resmi Kamis (18/3).

Kuncinya, lanjut Fatah, UMKM tidak boleh tertinggal dan harus “go digital”. UMKM tidak boleh lagi gaptek. Menurut dia, mitra Perum Perindo seperti nelayan, petambak dan suplier sudah menerapkan digitalisasi yang paling mudah yakni transaksi nontunai atau cashless. Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai.

Baca Juga: Ditargetkan terbentuk tahun ini, Holding BUMN Pangan dinilai terintegrasi hulu-hilir

Selain itu, di bidang perikanan sudah ada aplikasi digital FishOn yang sebelumnya Perindo sudah bekerja sama untuk optimalkan serapan ikan nelayan. Aplikasi tersebut dapat membantu nelayan mengakses GPS yang menunjukkan lokasi dengan ikan terbanyak. FishOn juga dapat mengakomodasi lelang secara online.

Adapun peran Perum Perindo sebagi off taker yang bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi. Fatah menjelaskan terdapat banyak lini yang dapat dikerjasamakan dengan Hipmikimdo. Apalagi nanti hanya ada satu BUMN Perikanan di Indonesia setelah Perum Perindo merger dengan PT Perikanan Nusantara.

Selain itu, lini usaha lain yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM adalah pabrik pakan ikan dan udang Perum Perindo. Pabrik pakan yang berlokasi di Subang ini sudah melayani mitra UMKM petambak dari Lampung, Jatiluhur dan beberapa daerah lainnya.

Ketua Umum Hipmikimdo Laurensius Manurung berujar hari ini adalah momen bersejarah antara Perindo dan Hipmikimdo. Laurensius mengatakan momen emas ini harus dimanfaatkan oleh seluruh UMKM di Indonesia khususnya di bidang perikanan. “Ini peluang yang harus dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi negeri melalui hasil perikanan, kelautan, budidaya laut dan budidaya darat,” ujarnya. 

Dia berharap Perum Perindo dapat menjadi mitra strategis dan harmonis bagi Hipmikimdo. Dia menuturkan, penandatanganan nota kesepahaman harus segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama sehingga program dapat terealisasi secepatnya.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *