Momen KSAD Andika pasangkan tanda pengenal nama Aprilia menjadi Perkasa


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

DATABUDAYA.NET – JAKARTA. Serda Aprilia Manganang langsung mengucap syukur saat mendengar putusan majelis hakim PN Tondano yang mengabulkan permohonannya berganti nama dan jenis kelamin. 

“Semoga ini menjadi awal yang baik untuk saya ke depannya. Puji Tuhan,” kata Aprilia yang sah berganti nama Aprilio Perkasa Manganang, seperti dilansir dari Kompas TV. 

Momen persidangan tersebut menjadi istimewa karena dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa beserta istri, Hetty Andika Perkasa. 

Baca Juga: Mahfud: Pelanggaran konstitusi untuk kepentingan rakyat sudah ada sejak era Soekarno

KSAD pasangkan tanda pengenal 
Melansir siaran Kompas TV, Andika kemudian mengganti tanda pengenal di seragam Serda Manganang. Nama yang sebelumnya bertuliskan “Aprilia” kini berubah menjadi “Perkasa”. 

Aprilio pun tak bisa menahan air matanya sambil memberi hormat kepada Andika dan melakukan fist bump. Dia lalu memeluk Andika, kemudian mencium tangan serta memeluk Hetty. 

Perjalanan Aprilio dioperasi 
Mantan atlet voli nasional itu menjalani pemeriksaan media di RSPAD Gatot Soebroto pada 3 Februari 2021. Hasil pemeriksaan mengatakan bahwa Aprilia Manganang mengalami hipospadia, sebuah kelainan kelamin. 

Baca Juga: Ditetapkan sebagai tersangka, mantan Ketua BPA AJB Bumiputera siap gugat OJK

Hipospadia adalah cacat sejak lahir pada anak laki-laki, yakni saat pembukaan uretra tidak terletak di ujung penis, seperti dilansir dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). 

Dalam konferensi pers yang dilakukan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes AD, dia menegaskan bahwa Aprilia Manganang bukan transgender dan juga bukan interseks. “Tidak masuk dalam kategori itu semua,” tandas Andika Perkasa. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di DATABUDAYA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *