Dari penghilang bau mulut hingga bau badan, ini 7 kegunaan dari baking soda


DATABUDAYA.NET – Baking soda sudah sangat umum digunakan dalam kegiatan memasak. Saat memasak terutama membuat roti dan kue, menambahkan baking soda sudah menjadi hal yang wajib dilakukan.

Namun, baking soda ternyata memiliki manfaat lain selain sebagai bahan pengembang makanan. Baking soda bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti menghilangkan lemak hingga bau pada mulut.  

Sodium bikarbonat atau baking soda, bersumber dari Lifehack, bisa menetralisir pH. Produk ini juga tidak beracun serta ramah lingkungan.

Lalu, apa saja manfaat dari pengembang kue ini? Simak manfaat lain dari baking soda yang jarang orang tahu, dihimpun dari Lifehack:

  • Membersihkan lemak dan minyak 

Baking soda sudah lama dimanfaatkan untuk menghilangkan lemak pada perlengkapan makan. Cara membersihkan lemak dan minyak pada alat masak dengan baking soda cukup mudah.

Tambahkan satu sendok baking soda pada sabun cuci piring. Tuang campuran pada alat yang berminyak, lalu diamkan beberapa saat. Setelahnya, gosok perlahan dan bilas dengan air bersih. 

Baca Juga: 20 Jurusan di Unair ini yang buka kuota SBMPTN 2021 terbanyak, simak apa saja

  • Membersihkan saluran air yang tersumbat

Saluran air seperti pada wastafel atau kamar mandi, sering kali tersumbat. Jika tidak segera diatasi, kecoa bisa datang karena ada genangan air kotor. 

Campurkan secangkir baking soda dan secangkir cuka dapur lalu tuangkan pada saluran yang tersumbat.

Manfaat baking soda selanjutnya bisa membantu mengatasi bau badan yang berlebihan. Cukup oleskan sedikit baking soda pada ketiak Anda sebelum beraktivitas. 

Pastikan tubuh Anda tidak alergi pada sodium bikarbonate atau baking soda sebelum menggunakannya sebagai deodorant.

  • Membuat napas lebih harum dan memutihkan gigi

Selain membantu mengatasi bau badan, baking soda juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. 

Bau mulut sering membuat orang tidak percaya diri. Lawan bicara pun juga menjadi tidak nyaman jika mulut Anda berbau tidak sedap. 

Memanfaatkan baking soda untuk masalah ini cukup mudah. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air.

Gunakan larutan tersebut untuk berkumur dalam beberapa detik. Setelah berkumur dengan larutan baking soda, berkumurlah kembali dengan air biasa. 

Baking soda juga membantu memutihkan gigi. Gunakan baking soda layaknya pasta gigi, dan gosok gigi Anda dengan baking soda. Kumur-kumur dengan air agar sisa baking soda hilang.

Baca Juga: Lowongan kerja di anak usaha Pertamina 2021 untuk lulusan minimal D3



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *